Kolabo dan ASEPHI Resmikan Kerja Sama untuk Pengembangan UKM

September 05, 2014

Kolabo dan ASEPHI Resmikan Kerja Sama untuk Pengembangan UKM

Kolabo2Jakarta, 19 Agustus 2014 – Kolabo dan Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) secara resmi telah menandatangani nota kesepahaman kerja sama. Peresmian kerja sama ini dilakukan di kantor pusat ASEPHI di Jakarta pada Jumat, 15 Agustus 2014 lalu. Penandatangan nota kesepahaman ini diwakili oleh Andy Dwonch, selaku CEO Kolabo, dan Thamrin Bustami, selaku Ketua Umum ASEPHI. Kolabo dan ASEPHI percaya bahwa teknologi dapat membantu perkembangan usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia, khususnya dengan pemanfaatan teknologi website dan strategi pemasaran digital. Nota kesepahaman ini diresmikan dengan maksud untuk mendukung perkembangan usaha para anggota ASEPHI, yang mayoritas adalah UKM, dengan memanfaatkan layanan teknologi Kolabo, sehingga terbentuk suatu sinergi yang saling menguntungkan bagi UKM anggota ASEPHI dan juga kedua belah pihak.

“Kami gembira dapat bekerja sama dengan ASEPHI. Selama ini ASEPHI telah melakukan banyak hal untuk mendukung pengembangan para anggota UKM-nya,” ujar Andy pada acara penandatanganan nota kesepahaman. Ia menjelaskan bahwa yang dilakukan ASEPHI dalam mengembangkan usaha para anggotanya sejalan dengan visi Kolabo dan Kolabo akan menambah dukungan untuk para pelaku UKM ini dari sisi teknologi. “Kolabo dan ASEPHI menjalin kerja sama yang saling menguntungkan. Kolabo membantu ASEPHI dan para anggota ASEPHI dari untuk hadir di internet dan Kolabo akan lebih dekat dengan komunitas UKM,” ucap Andy.

Kerja sama yang menitikberatkan pada promosi penggunaan internet dan pemasaran digital ini disertai dengan pemberian solusi website dan pemasaran digital untuk ASEPHI dan para anggotanya yang berminat untuk hadir secara online melalui layanan Kolabo. Dengan demikian manfaat dari kerja sama ini tidak semata-mata hanya dirasakan oleh kedua belah pihak, namun juga untuk UKM para anggota ASEPHI. Diharapkan semakin banyak UKM yang hadir secara online dan berkembang dengan adanya usaha pemasaran melalui internet. Pada akhirnya perkembangan UKM juga akan berdampak positif pada perekonomian Indonesia dan terbukanya lapangan kerja yang lebih luas, terutama untuk kaum marjinal.

Para UKM anggota ASEPHI yang berminat untuk hadir di Internet dengan layanan Kolabo memiliki berbagai keuntungan. Keuntungan-keuntungan itu diantaranya adalah memiliki website yang teroptimalisasi untuk penggunaan UKM dan dikelola secara terpadu, kemampuan menggali informasi mengenai pelanggan potensial baik secara lokal hingga internasional, kesempatan untuk belajar dan mendapatkan pengetahuan tentang praktik terbaik untuk melakukan bisnis secara online, dan juga kemampuan untuk bersaing dan kesempatan berkembang lebih besar dibandingkan UKM yang tidak hadir secara online.

Kerja sama antara Kolabo dan ASEPHI bermula pada perhelatan INACRAFT 2014, yang merupakan salah satu pameran handicraft terbesar di Indonesia yang diorganisir ASEPHI. Sejak saat itu Kolabo dan ASEPHI bersama-sama berkomitmen mengembangkan UKM dengan menjalin kerja sama yang lebih dalam.

Kolabo memposisikan dirinya sebagai mitra teknologi pilihan UKM Indonesia. Berdiri sejak Februari 2014, Kolabo telah memfokuskan dirinya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja di Indonesia melalui teknologi untuk UKM.